Jumat, 16 Mei 2008

Susunan Skripsi SI

Setiap kampus memiliki peraturan tersendiri mengenai susunan skripsi tetapi pada umumnya terdiri dari 5 bab yaitu :
Bab 1 berisi latar belakang materi yang akan ditulis, ruang lingkup permasalahan, tujuan dan manfaat penulisan skripsi, metodologi yang digunakan dan sistematika penulisan.
Bab 2 berisi landasan teori yang digunakan untuk penulisan pada bab 3 dan bab 4.
Bab 3 berisi keadaan perusahaan / materi yang akan ditulis (biasanya organisasi yang diteliti yang terdiri dari latar belakang perusahaan, struktur organisasi, tugas dan tanggungjawab, flowchart/DFD/OOAD dari sistem yang sedang berjalan sehingga diperoleh masalah yang dihadapi organisasi .
Bab 4 berisi sistem yang diusulkan untuk mengatasi masalah yang diperoleh dari hasil analisis bab 3 yaitu usulan sistem berupa DFD/OOAD dan perancangan sistem yang diusulkan, tampilan dari user interface sampai bentuk laporan yang dihasilkan sistem yang diusulkan.
Bab 5 berisi simpulan dan saran, simpulan diperoleh dari hasil analisis bab 3 dan perancangan pada bab 4 (tuliskan dalam kata-kata yang singkat dan jelas) dari temuan tersebut dibuatkan saran yang diberikan kepada pihak manajemen organisasi.
Daftar Pustaka harusnya berisi buku-buku/literatur yang dibaca dengan masa edar kurang dari 5 tahun (kecuali buku tersebut langka).
Daftar lampiran sesuai dengan kebutuhan

Demikian sekilas tentang susunan isi skripsi SI

Salam

Tan Willy

Tidak ada komentar: